Tips Packing Ekspedisi Jakarta Balik Papan Anti Rusak

Ekspedisi Jakarta Balik Papan membutuhkan packing barang yang sempurna dan tidak ada celah untuk kemungkinan rusak selama proses pengiriman. Jadi Anda tidak boleh meremehkan bagaimana Anda mengemas barang yang ingin Anda kirim.

Jika Anda mengemas secara asal-asalan, paket tersebut bisa saja rusak meski pihak perusahaan telah memperlakukannya dengan baik. Untuk itu Anda harus menyimak tips packing ekspedisi di bawah ini agar paket tidak rusak dan barang selamat sampai tujuan.

Tips Packing Ekspedisi Jakarta Balik Papan Anti Rusak

Memperhitungkan barang dengan kemasan

Tips packing ekspedisi yang pertama adalah menyesuaikan kemasan dengan barang yang ingin dikirim. Kemasan harus baik sehingga meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi selama proses ekspedisi. Jadi tipe kemasan bisa berbeda-beda sesuai dengan tipe barang yang akan dikirim.

Ketika memilih kemasan, Anda harus memperhitungkan berat barang yang mampu ditampung oleh kemasan. Intinya kemasan harus mampu menampung berat barang sehingga tidak akan timpang yang bisa menyebabkan barang penyok dan hal buruk lainnya.

Anda juga harus memperhatikan tingkat kerapuhan kemasan tersebut. Pastikan kemasan tersebut mampu menopang barang di atasnya sehingga tidak akan rusak jika ditumpuk.

Kemudian harga kemasan juga harus Anda perhatikan, khususnya untuk Anda yang menjalankan bisnis jual beli online. Jangan sampai harga kemasan mengurangi keuntungan yang Anda dapatkan. Jadi usahakan tidak ada ketimpangan antara harga kemasan dan harga barang yang akan dikirim.

Yang terakhir, kemasan yang digunakan juga harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Jangan menggunakan kemasan yang tidak sesuai dengan standar jika tidak ingin ditolak oleh pihak perusahaan ekspedisi.

Memilih Kemasan

Agar barang yang Anda kirimkan aman sentosa sampai tujuan maka Anda harus memilih kemasan yang berkualitas. Kualitas kemasan sangat berpengaruh terhadap potensi kerusakan yang mungkin terjadi saat proses ekspedisi.

Di antara kriteria kemasan yang berkualitas dapat dilihat dari material kemasan tersebut. Jadi kemasan harus berasal dari material yang kuat agar barang tidak akan rusak selama pengiriman.

Contohnya saja jika Anda ingin mengirim barang pecah belah, maka disarankan untuk menggunakan kardus yang bergelombang (corrugated). Hindari juga menggunakan kotak kardus lama yang sudah tidak kaku lagi strukturnya. Karena akan mudah penyok dan merusak barang di dalamnya.

Tips packing ekspedisi Jakarta Balik Papan untuk barang elektronik bisa menggunakan kardus, kayu maupun plastik. Kardus bisa mencegah barang elekronik rusak meski berada dalam tumpukan. Packing plastik bisa melindungi barang elektronik dari rembesan air. Sedangkan packing kayu bisa menjadi kerangka yang kuat.

Kemudian perhatikan juga kekuatan dari kardus tersebut, biasanya tertera batas maksimal dari kardus tersebut. Jangan sampai Anda memasukkan barang yang tidak mungkin ditampung oleh kardus tersebut.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan ruang kapasitas dan ukuran kemasan tersebut. Jika kardus tidak terisi penuh, maka akan mudah penyok dan tertekuk. Sebaliknya kardus yang terlalu penuh juga dapat merusak segel/lakban dan yang terburuk barang bisa rusak. Jadi usahakan tidak terlalu longgar atau terlalu sesak.

Pengemasan Barang

Ada tiga cara yang harus Anda lakukan ketika mengemas barang untuk ekspedisi Jakarta Balik Papan dengan benar. Pertama adalah merapatkan barang dalam kemasan agar kemasan tidak mungkin berpindah. Karena hal ini bisa merusak barang dan kardus kemasan.

Kedua, khusus untuk barang pecah belah Anda harus memberikannya jarak minimal 6 cm dari dinding kardus. Berikan juga kertas di sela-selanya yang berguna untuk meredam segala macam getaran dan goncangan. Yang ketiga adalah usahakan untuk membungkus setiap barang dan memberikan sekat untuk barang sejenis dan berukuran sama.

Penyegalan

Agar barang yang Anda kirimkan semakin terjamin keamanannya, maka Anda bisa menyegelnya menggunakan lakban. Jenis lakban yang direkomendasikan adalah Lakban Plastik Coklat, Lakban Vinyl Elektrik dan Lakban Duct Tape. Hindari jenis lakban seperti lakban kertas, lakban bening atau tali.

Demikianlah ulasan tentang tips bagaimana mengemas barang untuk ekspedisi Jakarta Balik Papan yang benar dan anti rusak. Jadi packing harus dikerjakan dengan baik untuk menghindari kerusakan dan untuk menekan biaya ongkos kirim.

Share this:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *