Meskipun tidak sering tapi pastinya Anda pernah mengirimkan barang atau paket lewat jasa ekspedisi tertentu

Apakah Anda pernah mendengar betapa sulitnya prosedur untuk mengirimkan paket berupa barang berbentuk cairan melalui jasa ekspedisi? Ataukah justru Anda sendiri pernah mengalamimya ketika akan mengirimkan paket cairan ke suatu tempat. Adanya jasa ekspedisi Jakarta Makassar misalnya memang sangat dibutuhkan termasuk untuk mengirimkan barang berupa cairan.

Pengiriman benda cair memang tidak bisa dihindari karena memang menjadi bagian dari kebutuhan hidup manusia. Beberapa barang berupa cairan yang sering digunakan dalam keseharian contohnya seperti parfum, berbagai jenis minyak dan juga obat-obatan. Terlebih bagi mereka yang menjalankan bisnis online dan menjual produk cairan. Bukan tidak boleh dikirimkan hanya saja ada prosedur tertentu.

Agar Anda bisa lebih memahami tentang pengiriman benda cair via ekspedisi Jakarta Makassar atau lainnya, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Prosedur Pengiriman Cairan Via Ekspedisi

Karakteristik Cairan

Sebelum mengirimkan barang cair lewat jasa ekspedisi Anda harus tahu dulu mengapa ada prosedur yang ketat pada masalah ini. Semua tidak bisa dilepaskan dari faktor karakteristik dari cairan itu sendiri. Karakteristik cairan itu sendiri nantinya akan mempengaruhi besarnya risiko yang harus diambil.

Benda cair atau cairan memiliki sifat dan karakteristik yang tidak sama dengan benda lainnya, yaitu :

▪ Mudah tumpah akibat adanya gerakan atau goncangan selama proses pengiriman.

▪ Pengemasannya cukup sulit agar tidak merembes atau tumpah dan mengenai benda lainnya.

▪ Wadah yang biasa terbuat dari kaca akan lebih rawan pecah karena ditumpuk dengan benda lainnya selama proses pengiriman.

▪ Cairan tertentu akan mudah menguap yang bisa mengakibatkan kebakaran atau ledakan.

▪ Bisa memiliki bau yang menyengat yang sangat mengganggu.

Karakteristik itulah yang bisa menimbulkan risiko yang besar sehingga jasa ekspedisi Jakarta Makassar misalnya akan menggunakan syarat yang ketat.

Jalur yang Digunakan

Moda transportasi yang digunakan jasa ekspedisi seperti pmtoh cargo untuk pengiriman barang kargo adalah jalur darat, laut serta udara. Hanya saja akan sedikit berbeda dengan kiriman benda cair. Akan sangat sulit sekali bisa melakukan pengiriman kargo berbentuk cairan dengan menggunakan pesawat. Penggunaan pesawat untuk memuat cairan sangat besar risiko bahayanya.

Jadi pengiriman cairan oleh jasa ekspedisi Jakarta Makassar atau yang lainnya dilakukan lewat jalur darat dan laut saja. Biasanya jalur laut dengan kapal roro, kapal kargo dan lainnya disesuaikan dengan jaraknya. Kalau hanya antar pulau yan dekat maka kiriman bisa menggunakan kapal roro. Sedangkan kalau jauh seperti ke mancanegara akan digunakan peti kemas dan kapal kargo.

Sedangkan untuk pengiriman yang dilakukan antar kota atau antar daerah dalam satu pulau biasanya lewat jalan darat. Alat transportasi yang digunakan antara lain adalah truk, mobil box dan sejenisnya. Jenis angkutan lainnya bisa dilihat lewat pmtohcargo.com.

Ukuran dan Kapasitas Kiriman

Masih berhubungan dengan moda transportasi atau jalur pengiriman yang digunakan ada kaitannya dengan kapasitas barang. Jalur laut dengan kapal kargo biasanya akan digunakan oleh ekspedisi Jakarta Makassar untuk mengangkut benda cair dalam jumlah yang banyak. Atau benda cair yang ukuran kemasannya cukup besar sehingga sulit untuk masuk ke dalam truk atau mobil box.

Sedangkan untuk kiriman berupa cairan yang jumlahnya tidak terlalu banyak dan ukurannya tidak besar akan digunakan jalur darat. Pengangkutan kiriman benda cair dengan menggunakan truk atau mobil box tentunya akan lebih murah biayanya. Tetapi kebanyakan hanya dilakukan untuk jarak antar daerah dalam satu pulau saja.

Jenis Cairan

Meskipun boleh dan bisa dikirimkan lewat jasa kargo atau ekspedisi namun nyatanya ada batasan pada jenis cairan tertentu. Ada beberapa jenis cairan yang tidak bisa diterima oleh perusahaan pengiriman barang seperti ekspedisi Jakarta Makassar atau lainnya. Dengan mempertimbangkan risiko dan keamanan selama dalam proses pengiriman yang bisa berdampak membahayakan.

Adapun beberapa jenis cairan yang tidak bisa dikirimkan lewat kargo adalah minuman keras, alkohol dan bahan kimia yang mudah meledak. Selain itu bahan bakar, obat-obatan terlarang dan jenis cairan berbahaya lainnya juga tidak boleh. Informasi lebih jelas tentang ini bisa didapatkan dari pmtohcargo.com.

Share this:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *