Mengenal Beberapa Kategori Ekspedisi Jakarta Makassar

Mengenal Beberapa Kategori Ekspedisi Jakarta Makassar

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Makassar memiliki aktivitas ekonomi yang tinggi sehingga kebutuhan pengiriman barang melalui ekspedisi Jakarta Makassar juga cukup tinggi. Anda mungkin salah satu yang pernah atau bahkan sering menggunakan layanan ini. Namun, sudah tahukah Anda bahwa jasa pengiriman barang ini terdiri dari beberapa kategori? Jika belum, uraian di bawah ini mungkin perlu Anda simak.

Kategori Ekspedisi Jakarta Makassar Berdasarkan Pengelolanya

Berdasarkan pengelolanya, layanan pengiriman barang di Indonesia dibagi menjadi dua kategori, yaitu perusahaan ekspedisi milik negara dan perusahaan swasta. Jumlah perusahaan ekspedisi swasta saat ini sangat banyak, salah satunya adalah PMTOH Cargo. Perusahaan ini telah berpengalaman mengirimkan barang melalui rute-rute penting ke seluruh nusantara, termasuk ekspedisi Jakarta Makassar.

Kategori Jasa Ekspedisi Berdasarkan Rute Pengiriman

Baik yang dikelola oleh negara maupun swasta, jasa ekspedisi dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan rute pengirimannya, yaitu antar kota, antar pulau, dan antar negara.

  1. Jasa Ekspedisi Antar Kota

Yang dimaksud dengan layanan jasa ekspedisi antar kota adalah pengiriman barang dilakukan dari dan menuju kota yang masih ada dalam satu pulau yang sama. Contohnya adalah ekspedisi dari Jakarta ke Surabaya atau kota-kota lain di seluruh Pulau Jawa.

  1. Jasa Ekspedisi Antar Pulau

Jasa ekspedisi antar pulau adalah layanan pengiriman barang dari kota yang ada di satu pulau ke kota yang berada di pulau lain. Contohnya adalah layanan ekspedisi Jakarta Makassar, Jakarta Medan, dan sebagainya.

  1. Jasa Ekspedisi Antar Negara

Selain di dalam negeri, ada juga perusahaan ekspedisi yang melayani rute pengiriman dari Indonesia ke negara-negara lain. Mengingat jarak yang cukup jauh, biaya untuk jenis layanan ini biasanya tergolong tinggi.

Kategori Jasa Ekspedisi Berdasarkan Jalur Transportasi

Jasa pengiriman barang juga bisa dibedakan berdasarkan jalur transportasi yang dilewati. Secara umum, jalur transportasi yang selama ini digunakan untuk mengirimkan barang terdiri dari jalur darat, laut, dan udara.

  1. Pengiriman Jalur Darat

Untuk jenis pengiriman jalur darat, barang dikirimkan dengan menggunakan kendaraan darat, seperti truk, elf, sepeda motor, mobil boks, kereta api, dan sebagainya. Ketepatan waktu pengiriman untuk ekspedisi jalur darat ini berbeda-beda, tergantung moda transportasinya.

Pengiriman barang yang dilakukan menggunakan kereta api secara umum memiliki ketepatan waktu yang baik karena kereta api memiliki jadwal keberangkatan dan kedatangan yang pasti. Selain itu, kereta api memiliki jalur khusus sehingga tidak mengalami kemacetan seperti alat transportasi darat lainnya.

Pengiriman menggunakan kereta api dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  • Barang diangkut di gerbong cargo yang diletakkan di belakang gerbong penumpang.
  • Barang diangkut dengan kereta api khusus yang disebut kereta parcel (kereta barang). Seluruh gerbong pada rangkaian kereta ini merupakan gerbong yang berisi barang.

Sebaliknya, pengantaran barang menggunakan alat transportasi selain kereta api memang kurang bisa diandalkan dalam hal ketepatan waktu pengirimannya. Hal ini disebabkan banyak faktor yang memengaruhi, seperti kedisiplinan sopir, kondisi kendaraannya, dan kondisi lalu lintas. Jika kendaraan yang digunakan kebetulan terjebak macet, pengantaran barang pun menjadi terlambat.

Oleh karena itu, pengiriman dengan jalur darat sebaiknya hanya Anda gunakan ketika akan mengirimkan barang yang tidak harus cepat sampai di tujuan. Dengan demikian, jika terjadi keterlambatan, Anda tidak akan merasa dirugikan.

  1. Pengiriman Jalur Laut

Barang yang dikirim menggunakan jalur laut akan dibawa menuju tempat tujuan menggunakan kapal feri, kapal muatan, dan lainnya. Pengiriman melalui jalur laut memang membutuhkan waktu lebih lama, tetapi biaya pengirimannya paling murah, termasuk untuk jalur ekspedisi Jakarta Makassar.

  1. Pengiriman Jalur Udara

Pengiriman lewat jalur udara biasa digunakan untuk mengirimkan barang ke kota yang letaknya berjauhan. Untuk dapat melakukan pengiriman lewat jalur udara, pihak ekspedisi harus bekerja sama dengan maskapai penerbangan.

Dari segi ketepatan dan kecepatan waktu, pengiriman dengan menggunakan pesawat terbang memang sangat bisa diandalkan. Tidak heran jika biaya pengiriman untuk layanan ini juga termasuk tinggi.

Perusahaan ekspedisi yang besar dan sudah berpengalaman seperti PMTOH Cargo memberikan banyak alternatif cara pengiriman barang, baik melalui darat, laut, maupun udara. Untuk jalur ekspedisi Jakarta Makassar, Anda bisa mengecek layanan yang tersedia beserta biaya dan ketentuan lainnya di pmtohcargo.com, website resmi perusahaan ekspedisi ini.

Share this:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *