Kargo Jakarta Medan

Macam-Macam Ekspedisi Jakarta Batam Via Cargo Udara

Karena jarak yang cukup jauh dan terletak di pulau berbeda, perusahaan jasa ekspedisi Jakarta Batam biasanya memberikan alternatif pengiriman lewat jalur udara. Cara pengiriman ini biasa disebut dengan cargo udara.

Layanan cargo udara ini biasanya digunakan oleh para konsumen yang membutuhkan pengiriman yang cepat. Layanan ini cargo terdiri dari beberapa jenis. Anda yang sering melakukan pengiriman barang antara kedua kota ini perlu mengetahuinya.

Jenis-Jenis Cargo Udara untuk Ekspedisi Jakarta Batam

Layanan cargo udara Jakarta ke Batam biasanya digunakan untuk mengirimkan barang dengan lebih cepat atau untuk mengirimkan barang-barang tertentu. Karena kedua kota ini berada di dua pulau berbeda, layanan ekspedisi Jakarta Batam melalui jalur udara menjadi sangat penting.

Bagi perusahaan ekspedisi, cargo udara penting karena dapat memperluas pasar dan jangkauan pengiriman. Sementara itu, cargo udara juga menjadi sumber penghasilan bagi maskapai penerbangan selain dari jasa angkutan penumpang. Terlebih lagi untuk rute ekspedisi Jakarta Batam yang frekuensi pengiriman barangnya cukup tinggi.

Semua jenis cargo udara dilengkapi Surat Muatan Udara (SMU) atau Air Way Bill (AWB) dan beberapa dokumen lain tergantung jenis barangnya. Barang-barang yang dikirim melalui cargo udara terdiri dari beberapa kategori sebagai berikut.

  1. General Cargo (Cargo Umum)

Layanan general cargo digunakan untuk mengirimkan barang-barang biasa yang tidak mudah rusak (layu, busuk, atau mati) dan barang yang tidak berbahaya. Barang-barang seperti ini tidak membutuhkan penanganan khusus asalkan mengikuti peraturan pengangkutan yang berlaku. Dalam proses pengangkutannya, paket ditampung di dalam kompartemen pesawat.

  1. Special Cargo (Cargo Khusus)

Barang-barang tertentu membutuhkan penanganan khusus dalam proses pengiriman, pengangkutan, dan penerimaannya. Karena itu, barang-barang yang termasuk dalam kategori ini harus dikirimkan melalui layanan special cargo. Sesuai ketentuan IATA (International Air Transport Association), barang-barang yang harus dikirim menggunakan special cargo terdiri dari kategori dengan kode khusus berikut.

  1. Valuable goods (VAL): barang berharga atau bernilai tinggi, seperti emas, berlian, intan, platina, cek, giro, dan sejenisnya.
  2. Perishable goods (PER): barang yang mudah rusak, busuk, mati, atau hancur, seperti daging, ikan, telur, buah-buahan, sayuran, bibit tanaman, dan bunga.
  3. Strongly smelling goods: barang dengan bau menyengat, seperti parfum, durian, minyak kayu putih, dan sebagainya.
  4. Diplomatic pouch (DIP): kantong atau tas khusus yang berisi dokumen atau barang-barang yang berhubungan dengan aktivitas diplomatik.
  5. Live human organ (LHO): organ tubuh manusia yang masih berfungsi untuk keperluan donor, misalnya bola mata, hati, dan ginjal.
  6. Live animal (AVI): binatang hidup, seperti ayam, ikan, kelinci, burung, kucing, anjing, dan hewan peliharaan lain.
  7. Human remain (HUM): memuat jenazah manusia, baik berupa cremated maupun un-cremated coffin. Cremated coffin digunakan untuk abu jenazah yang dikremasi dengan kemasan berupa kotak kayu atau guci. Un-cremated coffin digunakan untuk jenazah utuh dan diangkut menggunakan peti mati.

 

  1. Dangerous Cargo (Cargo Berbahaya)

Sesuai namanya, cargo berbahaya digunakan untuk mengangkut barang-barang yang bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan manusia maupun keselamatan penerbangan. Pengiriman barang ini mencakup ke berbagai wilayah. Barang-barang cargo berbahaya terdiri dari:

  1. Gasses (RPG): barang yang mudah menguap, seperti hidrogen, propane, dan butane.
  2. Explosive goods (REX): barang yang mudah meledak, seperti mesiu, peluru, kembang api, petasan.
  3. Flammable solid (RFS): zat padat yang mudah terbakar, seperti korek api.
  4. Flammable liquid (RFL): zat cair yang mudah terbakar, seperti alkohol, varnish, dan jenis cat tertentu.
  5. Toxic (RPB) dan infectious substances (RIS): barang berbahaya yang mengandung racun atau dapat menginfeksi manusia, seperti pestisida, bakteri atau virus hidup, dan sianida.
  6. Oxidizing substances (ROX) dan organic peroxide: barang yang mudah menguap dan jika terhirup dapat menyebabkan rasa mengantuk dan pusing.

 

Ciri Layanan Cargo Udara Jakarta Batam Profesional

Layanan cargo udara dari Jakarta ke Batam biasanya memiliki tarif lebih mahal dibanding pengiriman lewat jalur darat atau laut. Karena itu, jika Anda hendak mengirimkan barang menggunakan layanan cargo udara, pilihlah jasa ekspedisi Jakarta Batam yang profesional dan terpercaya, seperti PMTOH Cargo.

Anda tidak perlu khawatir soal keamanan barang karena PMTOH Cargo memiliki tenaga terlatih, prosedur yang jelas, biayanya ekonomis, dan cepat sampai. Anda bisa mengunjungi website pmtohcargo.com untuk mengetahui ketentuan lengkap mengenai layanan ekspedisi Jakarta Batam, baik untuk cargo udara maupun layanan lainnya.

Share this:

0 thoughts on “Macam-Macam Ekspedisi Jakarta Batam Via Cargo Udara”

  1. Pingback: Jasa Ekspedisi Jakarta Batam Aman dan Terpercaya di Indonesia | PMTOH Cargo

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *