Kesalahan Ekspedisi Menurut Jasa Cargo Jakarta Banjarmasin

Perusahaan ekspedisi seperti jasa cargo Jakarta Banjarmasin memiliki standar tertentu dalam melakukan operasionalnya. Seperti kita ketahui bahwa jasa ekspedisi meliputi penerimaan barang dari pengirim, proses pengiriman hingga sampai ke tangan alamat tujuan. Selama proses tersebut ada syarat dan kondisi barang yang sesuai dengan standar yang jika tidak dipenuhi bisa menimbulkan masalah.

Sudah sering kita dengar konsumen mengeluh dan melakukan komplain pada perusahaan ekspedisi karena barang mengalami kerusakan. Kejadian yang lebih parah lagi adalah jika barang hilang selama proses pengiriman. Ini tentu saja sangat merugikan semua pihak yaitu jasa ekspedisi, pengirim barang dan alamat tujuan. Pmtoh cargo sangat berusaha agar kesalahan seperti itu tidak pernah terjadi.

Kemungkinan terjadinya kerusakan dan kehilangan barang memang lebih besar pada jenis kiriman dengan jarak jauh. Perusahaan jasa cargo Jakarta Banjarmasin sangat menyadari hal tersebut sehingga melakukan banyak antisipasi. Setidaknya perusahaan jasa ekspedisi seperti pmtohcargo.com harus benar-benar melakukan pengiriman sesuai syarat yang sudah ditentukan.

Bagaimana bisa terjadi kesalahan pada saat proses kargo atau pengiriman barang dari alamat asal ke penerima. Semua bisa terjadi karena adanya penyimpangan dari SOP atau standar dan prosedur operasional yang ada di lapangan. Dalam istilah ekspedisi hal tersebut dikenal dengan istilah Irregularity Cargo.

Jadi Irregularity Cargo merupakan permasalahan yang mungkin terjadi dalam pengiriman barang atau kargo, yang meliputi beberapa faktor berikut ini.

Macam Masalah pada Irregularity Cargo

Barang Hilang atau Missing Cargo

Yang termasuk pada kasus missing cargo adalah pengiriman barang yang tidak bisa ditemukan pada sumber pemberitahuan. Kategori ini meliputi 2 hal yaitu :

▪ Hilang atau missing di tempat pemberangkatan barang (origin station).

▪ Hilang atau missing di tempat penerimaan barang (destination station).

Kejadian barang hilang ini sering sekali menjadi sumber masalah yang akan membuat pelanggan kapok. Itulah mengapa perusahaan ekspedisi bereputasi seperti jasa cargo Jakarta Banjarmasin sangat berhati-hati dalam SOP pengiriman.

Barang Rusak atau Damage Cargo

Selain kasus missing cargo yang juga cukup sering terjadi pada ekspedisi adalah barang rusak. Barang kiriman yang mengalami kerusakan dalam proses ekspedisi disebut dengan damage cargo. Kerusakan barang meliputi pengemasan atau packing, isi serta mutu dari kargo tersebut. Menurut jasa cargo Jakarta Banjarmasin, jenis dari damage cargo yaitu :

▪ Pilferage, yaitu kejadian dimana barang kargo yang dikirimkan mengalami kerusakan isi. Termasuk disini adalah isi kargo yang hilang.

▪ Spoile, merupakan istilah yang digunakan jika terjadi barang kiriman hancur dan tidak layak lagi untuk digunakan.

▪ Torn, yaitu kargo yang rusak pada kemasannya atau kerusakan packing tetapi belum jelas apakah isinya juga mengalami kerusakan atau hilang. Kasus ini bisa saja kemasannya rusak tetapi isi kargo masih utuh dan bagus.

▪ Breakage, adalah kargo yang pecah atau rusak pada jenis barang fragile.

▪ Mortality, berlaku untuk jenis kiriman berupa sesuatu yang hidup seperti binatang, termasuk ikan atau live fish. Kesalahan ekspedisi jenis ini yaitu binatang yang telah menjadi mati ketika sampai di tujuan.

▪ Deterioration, yaitu jenis kerusakan pada barang kargo berupa sayur mayur, ikan untuk konsumsi dan sejenisnya. Jenis kerusakan yang biasa terjadi adalah terjadinya penurunan kualitas pada produk konsumsi tersebut.

Untuk menghindari adanya kasus damage cargo tesebut hendaknya perusahaan ekspedisi benar-benar menjalankan SOP dengan baik. Begitu juga yang dilakukan oleh jasa cargo Jakarta Banjarmasin yang terpercaya.

Overload Cargo

Yang dimaksud dengan overload cargo adalah peristiwa dimana barang kiriman sudah dibuatkan manifes dan siap diangkut tetapi gagal. Adapun penyebab dari gagal kirim tersebut karena adanya kelebihan muatan yang terjadi pada pesawat pengangkut.

Found Cargo

Kejadian tidak diharapkan pada proses pengiriman barang kargo selanjutnya disebut sebagai Found Cargo. Kondisi yang dimaksud adalah apabila kargo atau barang kiriman didapati pada stasiun atau tempat yang bukan tujuan seharusnya. Jika ini terjadi maka bisa mengakibatkan barang hilang atau juga memperlambat kedatangan barang ke alamat tujuan.

Agar tidak mengalami irregularity cargo yang merugikan tersebut maka perlu diperhatikan standar dan prosedur pengiriman dengan benar. Seperti yang dilakukan oleh jasa cargo Jakarta Banjarmasin terpercaya melalui pmtohcargo.com.

Share this:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *