Jasa Cargo Jakarta Balikpapan

Arus barang dari Jakarta ke Balikpapan dan sebaliknya cukup besar, karena kota Balikpapan adalah kota dengan kegiatan dan nilai transaksi ekonomi yang terbesar se-Kalimantan, sedangkan Jakarta adalah ibukota Indonesia, yang segala arus barang juga pusat perekonomian berada di kota Jakarta. Pengiriman barang dalam jumlah besar tersebut biasanya menggunakan kargo. Berikut ini adalah jasa Cargo Jakarta Balikpapan.

Apa itu Cargo

Cargo atau kargo adalah angkutan barang dalam jumlah yang besar, yang dikirim baik melalui jalur udara dengan pesawat terbang, atau jalur laut dengan menggunakan kapal ataupun jalur darat dengan menggunakan truk container, baik itu untuk tujuan komersial maupun tidak, dengan area lalu lintas barang baik itu antar wilayah atau antar kota di dalam negeri, atau lalu lintas barang antar negara dalam skala internasional, yang disebut sebagai arus lalu lintas barang ekspor impor.

Perkiraan Harga Tarif Angkutan Kargo Jakarta Balikpapan.

Sebagai perkiraan rata-rata harga tarif angkutan kargo Jakarta Balikpapan adalah sebagai berikut.

Kargo lewat jalur udara tarif harganya adalah sekitar 13.500 Rupiah per kg hingga 58 ribu Rupiah per kg.

Kargo konvensional lewat jalur laut tarif harganya ialah sekitar 750 Rupiah per kg hingga 14 ribu Rupiah per kg, atau sekitar 775 ribu Rupiah per m3, atau sekitar 16 juta Rupiah per kontainer.

Berbagai Jenis Kargo

Kargo juga dapat dipilah-pilah menjadi beberapa jenis sebagai berikut.

General Cargo atau Kargo Umum atau Kargo Biasa

General Cargo berisi barang-barang biasa pada umumnya yang netral dan tidak berbahaya, serta tidak memerlukan penanganan dengan secara khusus, juga tidak mudah bocor, tidak berbau menyengat serta tidak mudah busuk atau tidak akan mudah menjadi rusak, serta bukan jenis makhluk hidup yang bisa mati dalam perjalanan atau proses pengiriman, dan juga dalam ukuran serta berat maksimal tertentu sesuai standar sehingga akan bisa muat atau ditampung dengan baik dalam ruang container kapal, jika proses pengiriman menggunakan jalur laut dan kompartmen pesawat jika proses pengiriman menggunakan jalur udara, sehingga status barang kiriman tersebut adalah legal, dan aman serta dalam kondisi yang baik. Beberapa contoh dari barang yang masuk ke dalam kategori general cargo ini antara lain ialah ada barang-barang garmen, barang-barang spare part elektronik dan lain sebagainya.

Special Cargo atau Kargo Khusus

Berikutnya ada special cargo, yakni berbagai barang yang memerlukan perlakuan atau penanganan dengan secara khusus baik itu pada saat proses penerimaannya, packaging atau pengemasannya, penataannya, penyampaian, juga saat pengangkutannya. Beberapa barang yang termasuk sebagai special cargo itu antara lain ialah meliputi hal-hal berikut ini.

Live Animal atau AVI

AVI ialah jenis kargo untuk berbagai binatang yang masih hidup atau live animal yang biasanya akan dikirim dengan menggunakan moda transportasi pesawat udara, yakni seperti kuda, atau sapi, atau anak ayam, atau kambing, atau ikan, atau monyet, atau burung dan lain sebagainya.

Human Remain atau HUM

HUM ialah jenis kargo khusus, untuk barang-barang yang khusus, yakni antara lain seperti mayat manusia, misalnya, yang lalu bisa dibagi lagi menjadi dua bagian  yaitu sebagai berikut.

Uncremated in coffin, yakni mayat dengan bentuk utuh yang sesuai aslinya, berupa jasad yang dimuat dalam peti jenazahnya.

Cremated, yaitu berupa jenazah yang telah dikremasi, berbentuk abu atau ashes yang biasanya telah dikemas dalam wadah kotak guci ataupun kotak kayu dan lain sebagainya.

Perishable Goods atau PER

Berikutnya adalah jenis Perishable goods yaitu berbagai jenis barang yang bisa mudah sekali menjadi rusak, atau hancur, atau membusuk, yakni  antara lain seperti buah, atau sayuran, atau daging, atau bunga, atau ikan serta juga bibit tanaman dan lain sebagainya.

Valuable Goods atau VAL

Lalu ada lagi kategori VAL, yakni untuk berbagai barang berharga  yang bernilai sangat tinggi, seperti emas, lukisan terkenal karya maestro seniman yang sangat langka dan bernilai harga tinggi, atau berlian atau intan, atau patung langka  karya seni kuno tingkat tinggi, dan lain sebagainya.

Strongly Smelling Goods atau Barang Berbau Menyengat

Kemudian ada juga untuk kategori jenis barang Strongly Smelling Goods, yakni barang-barang dengan bau yang sangat menyengat, yaitu seperti durian, atau minyak wangi, atau minyak kayu putih, dan lain sebagainya, yang jika asal ditempatkan bersebelahan dengan barang yang lainnya, tanpa perlakuan secara khusus, dengan pengemasan secara khusus, maka baunya akan bisa mempengaruhi kondisi barang yang lainnya.

Live Human Organ atau LHO

Lalu ada juga kategori LHO, yakni barang-barang atau untuk jenis kargo yang seperti organ tubuh manusia yang juga masih bisa berfungsi, yakni antara lain seperti ada bola mata, atau ginjal, atau hati, atau jantung, dan lain sebagainya, sehingga perlu perlakuan khusus dan dikemas dengan secara khusus pula.

Dangerous Cargo atau DG atau Kargo Berbahaya

Kemudian ada lagi untuk kategori jenis dangerous cargo, yakni untuk barang- barang yang berbahaya dan yang memiliki tingkat risiko yang tinggi, yang dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan serta keselamatan para penumpang dan awak kru penerbangan, serta potensial dapat menimbulkan gangguan selama dalam proses perjalanan dan proses pengirimannya. Dangerous goods atau Dangerous Cargo itu terbagi lagi menjadi sembilan jenis, yakni sebagai berikut.

Exsplosive Goods atau REX

Barang yang termasuk kategori REX adalah untuk berbagai barang berbahaya yang bisa dengan sangat mudah untuk meledak, yakni antara lain seperti mesiu, atau peluru, atau petasan, atau bom, atau nuklir, atau senjata berat, atau kembang api, dan lain sebagainya.

Gasses atau RPG

Barang yang termasuk ke dalam kategori RPG adalah untuk jenis barang-barang yang bisa dengan sangat mudah untuk menguap, yakni seperti Butane, atau Hydrogen, atau Propane dan lain sebagainya.

Flammable Liquids atau RFL

Berikutnya ada kategori RFL, yakni  adalah barang-barang zat cair, berbentuk cairan dan mempunyai sifat yang dapat dengan mudah terbakar, yakni seperti certain paints, atau Alcohols, atau Varnishes, atau BBM, dan lain sebagainya.

Flammable Solids atau RFS

Kemudian ada juga kategori RFS, yakni ialah jenis kargo atau berbagai barang zat padat dengan sifat yang bisa dengan sangat mudah untuk menjadi terbakar, yaitu seperti Matches atau korek api, atau Bahan bakar padat, dan lain sebagainya, sehingga akan memerlukan suatu penanganan dengan  secara khusus.

Oxidizing Substances atau ROX dan Organic Peroxide 

Lalu ada juga kategori ROX, yakni adalah untuk berbagai barang yang bisa dengan mudah menguap, serta jika terhirup oleh manusia maka akan bisa mengakibatkan dan menimbulkan rasa pusing serta mengantuk, yakni seperti Calcium chlorate dan ammonium nitrate. Kebanyakan ialah barang-barang yang sering digunakan dalam laboratorium dalam suatu penelitian, atau untuk proses kimia produksi suatu produk tertentu di pabrik.

Toxic atau RPB dan Infectious Substances atau RIS

Berikutnya ada lagi untuk kategori RPB dan RIS, yakni yang merupakan berbagai barang yang mengandung racun, yakni seperti sianida, atau pestisida, atau virus hidup, atau bakteri hidup, atau virus HIV serta berbagai zat kimia lainnya.

Radioactive Material atau RFW

Kemudian ada lagi kategori RFW, yakni adalah zat yang jika terkena sinar maka akan dengan mudah bereaksi dan lalu dapat menimbulkan bahaya bagi manusia, atau hewan dan akan mempengaruhi kondisi barang jenis kargo yang lainnya, sehingga akan memerlukan penanganan dan pengemasan dengan secara khusus.

Corrosives atau RCM

Lalu ada lagi kategori RCM, yakni adalah berbagai barang yang mengandung karat seperti merkuri ataupun asam batu baterai dan lain sebagainya.

Miscellaneous Dangerous Goods atau RMD

Berikutnya ada kategori RMD, yakni ialah berbagai barang lainnya yang potensial berbahaya dan bisa mengancam keselamatan penerbangan jika diangkut dengan menggunakan moda transportasi udara, karena akan bisa mempengaruhi kondisi pesawatnya, yakni antara lain seperti magnet, atau biang es, atau kendaraan, atau kursi roda elektrik dan lain sebagainya.

Itulah jasa Cargo Jakarta Balikpapan.

Share this:

1 thought on “Jasa Cargo Jakarta Balikpapan”

  1. Pingback: Cargo Murah ke Jakarta Balikpapan | PMTOH Cargo

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *