Faktor yang Mempengaruhi Harga Ekspedisi Jakarta Bali Lombok

Ekspedisi Jakarta Bali Lombok cukup banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia karena kedua wilayah perkotaan tersebut cukup padat dan berkembang. Permintaan pengiriman pun bermacam-macam mulai dari barang kecil hingga muatan berskala besar. Untuk jumlah barang berskala besar biasanya berasal dari kebutuhan barang industri.

Nah, salah satu yang akan dijadikan pertimbangan saat menggunakan jasa ekspedisi adalah biaya atau tarif pengiriman. Tarif pengiriman jasa ekspedisi yang satu dengan lainnya memang berbeda, namun ada hal lain yang juga mempengaruhi tarif pengiriman tersebut. Selanjutnya akan dibahas lebih lengkap pada penjelasan di bawah ini.

Tarif Ekspedisi Jakarta Bali Lombok

Berikut ini beberapa hal yang mempengaruhi harga atau tarif pengiriman barang dari jasa ekspedisi, antara lain:

  1. Jalur Tempuh yang Dipilih

Jalur ekspedisi tersebut dibagi menjadi tiga macam yaitu jalur darat, laut dan juga udara. Tarif pengiriman itu sendiri juga dipengaruhi oleh pemilihan jalur yang ditempuh, jalur udara biasanya lebih mahal namun lebih cepat. Sedangkan jalur laut memiliki keuntungan dari segi tarif yang ekonomi namun pengirimannya memakan waktu yang lebih lama.

  1. Jenis Layanan yang Diambil

Jenis layanan yang diambil oleh pelanggan atau konsumen juga mempengaruhi harga ekspedisi Jakarta Bali Lombok itu sendiri. Layanan door to door pasti lebih mahal daripada port to port karena dilakukan penjemputan dan pengantaran langsung ke alamat tujuan. Sedangkan layanan port to port biasanya lebih murah karena pengirim dan penerima paket/barang datang sendiri ke port atau kantor cabang.

  1. Jumlah dan Berat Barang

Jika Anda pergi ke kantor cabang jasa ekspedisi, yang pertama kali dilakukan adalah menimbang barang. Hal ini karena tarif pengiriman dihitung berdasarkan berat barang per kilogram. Untuk barang yang lebih besar biasa dihitung dari dimensi barang yaitu berdasarkan ukuran panjang, tinggi dan lebarnya.

  1. Jarak Tempuh Pengiriman

Jarak tempuh pengiriman juga menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi tarif pengiriman. Hal ini karena selain berdasarkan berat barang, tarif pengiriman juga dihitung berdasarkan jarak kilometer pengirimannya.

  1. Jenis Barang yang Dikirim

Jenis barang juga mempengaruhi tarif ekspedisi Jakarta Bali Lombok, barang yang umum tentu lebih murah daripada barang pecah belah. Selain itu, barang yang lebih besar seperti kendaraan bermotor juga memiliki perhitungan tarif tersendiri.

Tarif untuk Pengiriman Kendaraan

Beberapa jasa ekspedisi seperti PMTOH Cargo juga menyediakan pengiriman kendaraan seperti motor atau mobil. Namun, untuk tarif pengirimannya tentu saja berbeda. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa mengunjungi website pmtohcargo.com, di sana juga ada informasi kontak perusahaan.

Kebanyakan orang mengira biaya pengiriman kendaraan seperti motor atau mobil pasti mahal karena sangat berat. Padahal, cara perhitungan tarifnya berbeda dengan pengiriman barang umum yang dihitung berdasarkan beratnya. Nah, di bawah ini terdapat sedikit penjelasan tentang perhitungan tarif pengiriman kendaraan, antara lain:

  1. Dihitung Berdasarkan Jenis dan Tipenya

Perhitungan tarif kendaraan tidak langsung dihitung dari berat kendaraan tersebut, tetapi dilihat juga jenis dan tipe kendaraan. Hal ini karena berat kendaraan juga beragam seperti motor dan mobil yang berbeda jauh sekitar 100 kg dibandingkan 200 kg.

  1. Tarif Dipengaruhi oleh Kapasitas Mesin

Kapasitas mesin kendaraan juga berpengaruh pada tarif ekspedisi Jakarta Bali Lombok untuk pengiriman kendaraan tersebut. Oleh karena itu, saat menggunakan jasa ekspedisi biasanya mereka mengecek terlebih dahulu kapasitas mesinnya. Namun hal ini biasanya dilakukan untuk kondisi tertentu misalnya tergantung dengan jarak tempuh pengiriman kendaraan tersebut.

  1. Tarif Tergantung Estimasi Waktu dan Pelayanan

Tarif pengiriman juga tergantung dari estimasi waktu pengiriman kendaraan, semakin jauh lokasinya maka semakin lama waktunya dan tarif semakin mahal. Jenis pelayanan yang dipilih juga mempengaruhi tarif atau harga pengiriman kendaraan tersebut. Misalnya layanan door to door yang memungkinkan kendaraan langsung diantar ke lokasi tujuan pasti lebih mahal daripada mengambil langsung.

  1. Tarif Bertambah Jika Ada Fasilitas Tambahan

Tarif atau harga pengiriman barang juga menjadi semakin mahal jika pengirim meminta fasilitas atau pelayanan tambahan. Fasilitas/pelayanan tambahan yang dimaksud seperti layanan packing, penjemputan, bongkar muatan, tambahan keamanan dan lainnya.

Nah, itulah beberapa faktor yang mempengaruhi tarif ekspedisi Jakarta Bali Lombok. Untuk informasi lainnya Anda bisa mengunjungi situs resmi pmtohcargo.com. Semoga informasinya bermanfaat.

Share this:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *